Hadiri Tabligh Akbar Di Desa Samalore, Bupati Amirudin Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  • Jul 17, 2024
  • DKISP BANGGAI
  • INFO BANGGAI, DKISP BANGGAI

DKISP BANGGAI - Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO hadiri Tabligh Akbar dan Pengajian yang diselenggarakan oleh Majelis Ta'lim Hubbul Wathan Assakinah, pada Rabu (17/7/2024).

Acara yang berlangsung di Masjid Al-Muhajiri, Desa Samalore, Kecamatan Toili ini mengambil tema "Momen Tahun Baru Islam 1446 H, Kita Tingkatkan Iman dan Taqwa, Juga Sikap Peduli Kepada Anak Yatim Sebagai Sarana Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Insaniyah, dan Ukhuwah Wathaniyah".

Bupati Amirudin, dalam sambutannya, mengapresiasi inisiatif Majelis Ta'lim Hubbul Wathan Assakinah yang telah mengadakan acara ini. 

"Kemarin kita memberikan santunan kepada anak yatim juga di Simpang Raya, Bunta dan Nuhon, kemudian hari ini di Toili, dan nanti siang di Toili Jaya," tutur Bupati Amirudin.

Lanjutnya, di Toili Jaya Alhamdulillah santunannya dalam bentuk seekor kambing dan sudah disiapkan kambingnya untuk setiap anak.

"Karena bagi mereka tidak ada yang bisa melihat lagi, kecuali kita-kita ini, kehidupan mereka bisa sama seperti anak-anak lain yang punya orang tua," ujar Bupati Banggai.

Sebagai wujud nyata dari kepedulian tersebut, Bupati Amirudin memberikan santunan berupa uang tunai kepada 118 anak yatim di Kecamatan Toili. 

Pemberian santunan ini diharapkan dapat meringankan beban mereka dan memberikan semangat baru untuk menghadapi masa depan yang lebih baik.

Camat Toili, Andi Rustam Dj.Hi.Pettasiri, S.STP.M.Si menyampaikan bahwa insya Allah dalam waktu dekat ini Toili Makmur termasuk Desa Samalore ini akan dimekarkan.

"Kenapa pemekaran ini dilakukan?agar bisa ada pemerataan pembangunan dan juga pemerataan pemberdayaan kemasyarakatan," tutur Camat Toili.

Sebelum menutup sambutannya, Bupati Amirudin mengatakan bahwa nantinya akan ada pemekaran 3 Kecamatan lagi di Kabupaten Banggai.

"Ada pula pemekaran desa yang kita usulkan 90 desa dan ada 5 desa yang sudah disetujui, karena memang pemekaran desa ini cukup susah, sebab ini berhubungan dengan APBN ada dana desanya," ucap Bupati Amirudin.

Acara Tabligh Akbar tersebut dimulai dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran yang kemudian dilanjutkan dengan tausiyah yang disampaikan oleh ulama terkemuka yakni Ustad Jusriadi Gama, S.sos., M.Sos.,I.

Dengan adanya kegiatan Tabligh Akbar ini, diharapkan dapat terus mempererat tali silaturahmi dan memperkuat rasa kebersamaan di antara masyarakat. 

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi pengingat bagi semua pihak akan pentingnya kepedulian sosial dan kebersamaan dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan.

*Tim Liputan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai.